Minggu, 07 Februari 2010

BAHAN BAKAR & PROSES PEMBAKARAN

Definisi bahan bakar dan proses pembakaran Bahan bakar adalah suatu material yang dapat menghasilkan energi panas melalui proses pembakaran.Proses pembakaran pembakaran pada dasarnya adalah proses oksidasi bahan bakar dengan oleh oksigen. Proses pembakaran dapat terjadi bila konsentrasi antara uap bahan bakar dan oksigen terpenuhi, dan terdapat energi panas yang cukup.Proses terjadinya api ( pembakaran ) dikenal dengan nama segi tiga api, yaitu unsure bahan bakar, unsure udara ( oksigen ), dan energi panas. Bila ketiga unsure ini bertemu dan mencapai konsentrasi yang tepat, maka akan terjadi proses pembakaran, namun sebaliknya bila salah satu unsur dari 3 unsur tersebut ditiadakan maka proses pembakaran tidak akan terjadi.Proses meniadakan salah satu unsure dari segitiga api ini yang digunakan untuk methode pemadaman kebakaran. Yaitu dengan pendinginan untuk menghilangkan unsure energi panas, dengan menyetop supply bahan bakar untuk menghilangkan unsure bahan bakar dan penyelimutan ( blanketing ) untuk menghilangkan unsure udara ( oksigen ).Komponen dari bahan bakarUnsure utama yang terdapat pada bahan bakar adalah karbon ( C ) dan Hidrogen ( H ), sehingga sering kali disebut dengan nama Hydracarbon Fuel, sedang unsure yang lain yang terkandung dalam bakar ( misalnya : Nitrogen (N), Sulfur (S), Abu (A), Air (H2O) dan lain-lain disebut dengan impurities atau senyawa pengganggu.Klasifikasi bahan bakarBerdasarkan bentuknya bahan bakar dibedakan menjadi 3 yaitu :
1. Bahan bakar padat ( Solid Fuel )
2. Bahan bakr cair ( Liquid Fuel )
3. Bahan bakar gas ( gaseous Fuel )
Berdasarkan asal terjadinya bahan bakar dibedakan menjadi 2 yaitu :
1. Natural alami
2. BuatanBahan bakar padat dan alamia.
Kayu dan sejenisnyaSebelum bahan bakar minyak ( BBM ) ditemukan kayu merupakan bahan bakar utama yang digunakan oleh manusia. Pada saat ini kayu juga masih banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk rumah tangga, industri kecil ( missal pembakaran kapur ), dan industri kayu dan dimana kayu yang digunakan merupakan limbah dari industri tersebut. Sering kali bahan bakar kayu atau sejenisnya ini dikombinasikan dengan bahan bakar minyak dalam pembakarannya. Nilai kalori dari kayu ini rata-rata 4.700 kcal/kg.b. Batu baraBatu bara terdiri dari banyak jenis tergantung dari tahapan pembentukannya yang ditandai dengan persentase dari karbonnya. Adpun jenis-jenis tersebut adalah :
- Peat
- Lignite (Batu bara coklat)
- Bituminous Coal
- Anthracite CoalBahan bakar padat buatana. Arang kayub. Arang batuc. Batu bara yang di haluskan ( pulpurize coal )d. Briket batu bara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar